16 Agustus 2021 Kanvas Edukasi

MENGENAL SEKOLAH DARI RUMAH

Oleh : Surono, S. Pd

Hari pertama masuk sekolah menjadi saat paling mendebarkan bagi siswa kelas 1 SD. Itu saatnya menginjak jenjang pendidikan dasar yang akan dilalui selama enam tahun, bukan hanya istimewa bagi anak, hari pertama selalu menjadi saat istimewa bagi wali siswa dan guru.

Awal tahun pelajaran 2021 – 2022 di mulai Senin tanggal 12 Juli 2021 dengan layanan Orientasi Siswa atau Masa Pengalaman Lingkungan Sekolah ( MPLS ) di SD Negeri Ngadirejo 2 Kecamatan Kota Kota Kediri MPLS tahun ini dilakukan daring.

Sebelumnya, para guru sudah menyiapkan pembelajaran tatap muka terbatas. Sekolah sudah siap ketika situasi ternyata tidak memungkinkan melakukan tatap muka terbatas. Meski demikian, sambutan untuk siswa baru tetap dilakukan. Para guru tetap menyiapkan pertemuan pertama itu dengan sebaik – baiknya. MPLS atau dikenal dengan Layanan Orientasi Sekolah ( LOS ) dilakukan dengan Video Conferensi ( VICON ), anak anak mengikuti melalui ponsel atau laptop di rumah. MPLS itu penting terutama untuk siswa baru agar siswa baru mengenal lingkungan sekolah, guru – guru, pengajar juga tentang protokol kesehtan yang dikirim melalui video.

Tentu saja banyak kendala yang dialami oleh wali siswa, diantaranya kesulitan mengikuti vicon karena sinyal kurang baik, karena tidak punya paket data dan lain lain, meskipun banyak kendala namun banyak juga yang bersemangat untuk ikut vicon.

SD Negeri Ngadirejo 2 Kecamatan Kota Kota Kediri memberi paparan tentang foto foto lingkungan sekolah, ruang kelas, ruang kepala sekolah, ruang tata usaha, ruang guru, mushola, ruang UKS, ruang baca atau perpustakaan dan banyak lagi tempat tempat dilingkungan sekolah kita. Foto foto guru juga ditunjukkan agar para siswa mengenal dan mengerti lewat temu maya.

Yang tidak kalah penting adalah penyampaian tentang prokes. Semua yang datang ke sekolah harus mematuhi prokes. Mulai masuk pintu gerbang sekolah, semua harus dicek suhu badan, mencuci tangan memakai sabun dengan air mengalir. Dan menjaga jarak, jadi siswa tahu pada saat nanti sudah pembelajaran tatap muka mereka sudah melakukan prokes.

Pada pembelajaran jarak jauh siswa baru, sekolah harus membuat team untuk memperlancar pembelajaran jarak jauh memakai sistim daring yang dianjurkan oleh Dinas Pendidikan Kota Kediri. Melalui team yang dibentuk oleh sekolah yang melibatkan semua unsur yang ada di sekolah, mulai kepala sekolah, guru, orangtua siswa dan guru kelas, serta operator dan berkolaborasi dari semua pihak khususnya satgas covid 19 Kota Kediri, Kepala Sekolah lebih mudah memantau kegiatan siswa yang diberikan oleh guru guru kelas masing masing.

Selama LOS ( Layanan Orientasi Siswa ) siswa yang lain yaitu kelas 2 sampai kelas 6 diberi tugas untuk unjuk talenta yang dimiliki, dengan cara mengirim video tentang baca puisi, menyanyi, menari dan lain lain.

Tujuan diadakan tugas itu agar guru mengetahui siswa yang memiliki bakat sehingga mudah bagi guru untuk melakukan bimbingan dan jika ada lomba lomba yang diadakah oleh Dinas Pendidikan Kota Kediri, guru sudah punya siswa yang unggul di bidang non akademik. Tentu saja untuk membimbing siswa, seperti dulu artinya covid 19 sudah berakhir dan sekolah sudah dapat melaksanakan pembelajaran tatap muka, semua pasti berharap saat itu segera tiba.

Para guru mengajak orang tua untuk bersama sama mendorong anak agar tetap bersemangat belajar dari rumah. Kerjasama itu diperlukan supaya semua yang di lakukan para guru dapat membawa keberhasilan dan bermanfaat bagi anak didik, terutama anak didik SD Negeri Ngadirejo 2 Kota Kediri.

Wali murid, siswa dan guru yang sudah merasa jenuh dengan keadaan yang sekarang, hampir 16 bulan guru dan siswa tidak bertemu, bahkan ada guru sama sekali belum bertemu dengan siswa. Namun semua tetap bersemangat dan tidak mengurangi kreativitas sedikit pun meskipun tugas tugas siswa dilaksanakan secara daring. Situasi saat ini justru mendorong para guru untuk kreatif menciptakan suasana belajar dengan menyenangkan, siswa didampingi wali siswa juga dapat belajar dengan bersemangat.

Semua berharap situasi kembali pulih dan anak anak dapat masuk ke gerbang sekolah dan menikmati suasana belajar yang menyenangkan di sekolah. (arykanvas)